DUA S4 VERSUS TS4
(Hanya untuk Leader CAA)
Oleh: dr. Sigit Setyawadi SpOG
Di dunia ini kabarnya ada 2 strategi besar dalam menjalankan Amway, dikenal dengan S4 dan S4. Sama-sama S4 tetapi berbeda urutannya.
S4 yang pertama adalah:
1. Seminar
2. Sponsoring
3. Selling
4. Service
Seseorang diajak seminar untuk melihat peluang, kemudian diajak masuk ke Amway, diperkenalkan dengan produk-produknya dan dilayani untuk pembelian produk dan sebagainya.
S4 yang kedua adalah:
1. Selling
2. Sponsoring
3. Service
4. Seminar
IBO melakukan pendekatan melalui produk, kemudian supaya dapat murah disponsori, dilayani pembelian produknya, diajak ke seminar supaya aktif menjalankan bisnisnya.
Kedua strategi itu tentu ada untung-ruginya berdasarkan kultur masing-masing dan masing-masing merasa mereka yang terbaik. Fakta menunjukkan bahwa Omset Amway di dunia dikuasai pemilik strategi S4 ke-2. Yaitu Selling, Sponsoring, Service dan Seminar.
Bagaimana dengan kita? Apakah sistem support MSO menggunakan strategi S4 pertama atau yang kedua? Sebenarnya tidak di dua-duanya. Meskipun saya awalnya ada di S4 yang pertama. Kita memiliki strategi sendiri yaitu bukan S4 tetapi TS4. Strategi yang lahir secara kebetulan, ketika saya memulai dengan T-nya:
1. Teaching
2. Sponsoring
3. Selling
4. Service
5. Seminar
Prospek (teman, saudara, kenalan jauh, dekat) kita ajak masuk ke dalam Grup WA BTD (Building The Dream) yang pertama dibuat 12 Desember 2016, minimal selama 3 minggu. Di sana kita lakukan teaching tentang berbagai hal. Kecerdasan Finansial, Plafon Rejeki, Money Game, bisnis jaringan, bisnis kuadran kanan dan kiri dan banyak lagi. Selama itu kita tidak berbicara sama sekali tentang Amway. Jika kita keceplosan mengatakan Amway, maka selesai sudah, mereka akan menutup diri dari semua informasi karena takut diajak Ngemway. Sepositif apapun kita dengan Amway, tidak demikian dengan prospek di luar sana. Itulah kondisi yang kita hadapi sekarang.
Setelah dididik selama 3 minggu, barulah kita lakukan pendekatan personal tentang bisnis Amway. Tidak ada yang disembunyikan, kita terus terang mengatakan, ini bisnis kami yaitu Amway. Jika mau silahkan, jika tidak ya tidak apa apa. Jadi mereka yang masuk adalah mereka yang benar-benar mengerti tentang Amway. Tidak ada jebak-menjebak karena niat kita mendidik juga bukan untuk menjoinkan ke Amway tetapi meningkatkan wawasan seseorang di dunia keuangan dan pola pikir.
Setelah mereka join barulah kita lakukan penjualan produk dengan anjuran awal menggunakan sendiri dulu baru menawarkan kepada orang lain. Selama proses ini, para upline melayani downlinenya, untuk pembelian maupun mengajarkan pemakaian produk. Selain menggunakan media komunikasi WA, kita juga mengadakan kegiatan yang disebut CAT (Crown Ambassador Training) jika dalam jumlah lumayan besar di ADC, membayar 20 ribu. Untuk skala kecil dinamakan Ameet 1000, atau Amway Meeting di rumah atau di manapun kita bisa bertemu kisaran 10-20 orang. Yang bertemu adalah para IBO atau yang sudah join Amway.
Prospek yang belum join dan sudah ada di BTD minimal 1 minggu, dilakukan pertemuan yang disebut KOPDAR (Skala kecil) atau Workshop Cerdas Finansial dan Spiritual (Skala besar). Kopdar dan WCFS semata-mata memberi materi soft skill seperti seminar-seminar teknis yang lain. Yaitu Kecerdasan Finansial, menghilangkan mental block, Materialisasi dan sebagainya. Selama Kopdar dan WCFS tidak dibahas Amway. Jika ada yang bertanya bisnisnya apa, jawabnya sederhana: "Iya benar, bisnis Amway yang sudah membuat saya dan teman-teman ini freedom. Tetapi kami tidak membahasnya disini. Silakan bertanya kepada admin pendamping Anda di WA." Setelah itu pendekatan bersifat pribadi antara IBO yang sudah dianggap mentor dan prospek yang dimentori. IBO yang ikut workshop tidak perlu membayar jika mengajak prospek sejumlah tertentu. Sedang prospek membayar seperti workshop yang lain.
Kita mengerjakan Amway dengan hepi karena baru bertemu dengan seseorang setelah dia menganggap kita mentornya. Kita hanya cerita Amway kalau diminta, bukan atas inisiatif kita presentasi Amway. Tugas utama kita adalah mendidik prospek di bidang keuangan agar mereka bisa memiliki kehidupan yang lebih baik karena bisa mengatur keuangannya. Juga meningkatkan plafon rejeki atau takaran rejeki ke tingkat 100 juta sebulan. Dengan demikian radar di bawah sadarnya akan mencari-cari peluang ke Amway. Mereka yang akan tanya-tanya tentang bisnis yang tepat.
Kemudian kita tawarkan Seminar Inspirasi dan Visi supaya mereka melihat gambaran besarnya tentang Amway dan mereka-mereka yang sudah berhasil di sana. Dengan begitu mereka semangat menghadapi masa depannya.
0 Komentar